Kriteria 4. Sumber Daya Manusia (SDM)


Tabel 8. Dosen Tetap pada Program Studi

No.Nama Dosen Tetap1)NIDN2) atau NIDK3)Tgl. Lahir (6 digit)Jabatan AkademikGelar AkademikPendidikan Akademik dan Profesi serta Asal PT4)Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang PendidikanMata Ajar yang Diampu
1ARIANTJE LINTJE RUNTUWAILAN895745002211/4/1962D3: Amd.Keb
S2: M.Kes
D3 : Stik Medistra Indonesia
S2 : Universitas Respati Indonesia
 Komunikasi dalam praktek kebidanan (3),
2LINDA YUNUS USMAN92605860426-05-1986DIV : S.Tr.Keb
S2 : M.Kes

DIV : STIKES Mega Buana
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Phantom kebidanan fisiologis (2)
3YOLANDA LEA SUMUAL92006860120-06-1986S2 : M.KesS2 : Universitas Sam RatulangiPKK III (6)
4MONALISA FRANSISKA SUMAMPOUW91509730115-09-1973DIV : S.S.T S2 : M.KesDIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Asuhan kebidanan kehamilan (5)
5FEIKE PONTORORING91402750414-02-1975S1:
S2 : M.Kes
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Farmakologi (2)
6PRISKA PANDALEKE91002900210/2/1990Asisten AhliDIV : S.Tr.Keb
S2 : M.Kes
DIV : STIKES Mega Buana
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Konsep kebidanan (3) Dokumentasi kebidanan (2)
7INDRI N MARASING161311950113-11-1995Asisten AhliDIV : S.Tr.Keb
S2 : M.Keb
DIV : Poltekkes Kemenkes Manado
S2 : Universitas Hasanuddin
Komunikasi dalam praktek kebidanan (3)
8MONISYE LESAWENGEN16010995011/9/1995DIV : S.Tr.Keb
S2 : M.Kes
DIV : Universitas Batam
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Asuhan kebidanan komunitas (4)
9YETTY MOKOSANDIB9080675048/6/1975
DIV : S.S.T
S2 : M.Kes
DIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
S2 : Universitas Indonesia Timur
Farmakologi kebidanan (2)
10CLARA MONINGKA9051071075/10/1971DIV : S.S.T
S2 : M.Kes
DIII : Politeknik Kesehatan Depkes Manado
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Keterampilan dasar praktik kebidanan (4)
11BEYBI PAULINA KAWAHE921097621-09-1976DIV : S.S.T
S2: M.Kes
DIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
S2 : Universitas Indonesia Timur
 Asuhan kebidanan persalinan dan bbl (5)
PKK III (6),
Asuhan kebidanan neonatus dan bayi baru lahir
12FRENNY STELLA MANDAGI91209870412/9/1987DIV : S.S.T
S2 : M.Kes
DIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado
S2 : Universitas Sam Ratulangi
Asuhan kebidanan darurat maternal & neonatal 2 (2)
13SOFLY SILVY RUMONDOR909017601
9/1/1976
DIV : S.S.T
S2 : M.Kes
DIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya S2 : Universitas Sam RatulangiAsuhan kebidanan kehamilan (5)

Kebidanan Komunitas
14OCTAVIA ROMPIS9301077013/10/1977DIV : S.Tr.Keb

S2 : M.Kes
DIV : STIKES Mega Buana

S2 : Universitas Sam Ratulangi
Etika dan hukum kesehatan (2)
15JOHANES MAHIRA GILANG PRATAMA PRAMONO91309880413-09-1988S1 : SS

S2 : M.Hum
S1 : Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura

S2 : Universitas Sam Ratulangi
Bah.Indonesia(2)
16HENDRIK LIMERSON MANNAGIE92207800122-07-1980fdsafdsafdsa
17STELLA DEASY MAMARIMBINGfdsafdsafdsafdsafdsa
18SURIATI PIANGGOLUNGfdsafdsafdsafdsafdsa
19HELMY MAKATEY9050578085/5/1978DIV : S.Tr.Keb S2 : M.KesDIV : Stikes Mega Buana

S2 : Universitas Sam Ratulangi
 Asuhan kebidanan pasca persalinan dan menyusui (3)
17SURIATI PIANGGOLUNG92503750425-03-1975DIV : S.S.T S2 : M.KesDIV : Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado

S2 : Universitas Indonesia Timur
 Asuhan kebidanan persalinan dan bbl (5)
19YOLANDA LEA SUMUAL92006860120-06-1986 S2 : M.KesS2 : Universitas Sam Ratulangi PKK III (6)

Tabel 9. Aktifitas Dosen Tetap pada Program Studi

  No.  Nama Dosen Tetap pada PS Sendirisks Pendidikan PS Lain PT Sendirisks Pendidikan PT Lain  sks Penelitiansks Pengabdian kepada Masya- rakatsks Manajemen/Tuga s tambahan1) PT Sen- dirisks Manajemen/Tuga s tambahan1) PT Lain  Jumlah sks
1Ariantje Lintje Runtuwailan5       
2Beybi Paulina Kawahe        
3Clara Moningka6       
4Feike Pontororing        
5Frenny Stella Mandagi        
6Helmy Makatey3       
7Hendrik Limerson Mannagie        
8Indri N Marasing6       
9Johanes Mahira Gilang Pratama Pramono        
10Linda Yunus Usman        
11Monalisa Fransiska Sumampouw        
12Monisye Lesawengen4       
13Octavia Rompis4       
14Priska Pandaleke9       
15Sofly Silvy Rumondor10       
16Stella Deasy Mamarimbing        
17Suriati Pianggolung        
18Yetty Mokosandib        
19Yolanda Lea Sumual        
20Rinna Merlin Sorongan4       
21Alex Copernikus Andaria2       
22Mohammad Zulkarnain        

Tabel 10.Kegiatan seminar ilmiah/lokakarya/penataran/pameran Dosen Tetap pada Program Studi

No.Nama DosenJenis Kegiatan1)Institusi dan TempatWaktuSebagai PenyajiSebagai Peserta
1Ariantje Lintje RuntuwailanSeminar kebidanan nasional online “pelayanan kesehatan reproduksi bersinergi sebagai upaya pencegahan infeksi menular seksual”Universitas Trinita24-Apr-21 
2Beybi Paulina KawaheSeminar kebidanan nasional online “pelayanan kesehatan reproduksi bersinergi sebagai upaya pencegahan infeksi menular seksual”Universitas Trinita19 Juni 2022 
3Clara MoningkaWebinar kebidanan “Penguatan peran bidan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak berbasis homecareUniversitas Trinita8 Mei 2022 
4Feike PontororingWebinar kebidanan “Penguatan peran bidan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak berbasis homecareUniversitas Trinita11 Juli 2023 
5Frenny Stella MandagiTingkatkan layanan kebidanan berbasis digital melalui seminar kebidanan nasionalUniversitas Trinita8 Februari 2022 
6Helmy MakateyTingkatkan layanan kebidanan berbasis digital melalui seminar kebidanan nasionalUniversitas Trinita9-Sep-23 
7Hendrik Limerson MannagieWebinar kebidanan nasional “revolusi mental pada anak melalui peran keluarga dan bidanUniversitas Trinita19-Nov 
8Indri N MarasingWebinar kebidanan nasional “ Management asuhan bayi baru lahir fisiologi dan patologis”Universitas Trinita3 Mei 2023 
9Johanes Mahira Gilang Pratama PramonoSeminar kebidanan nasional online “pelayanan kesehatan reproduksi bersinergi sebagai upaya pencegahan infeksi menular seksual”Universitas Trinita4 Oktober 2023 
10Linda Yunus UsmanSeminar  “Etos  kerja  bidan menuju pelayanan antenatal”Universitas Trinita9 Maret 2024 
11Monalisa Fransiska SumampouwSosialisasi dan pelatihan kewirausahaan mahasiswaUniversitas Trinita13 Maret 2024 
12Monisye LesawengenSeminar kebidanan “manajemen pencegahan infeksi pada ibu hamil, nifas dan bayi baru lahirUniversitas Trinita13 Maret 2024 
13Octavia RompisSeminar kebidanan “manajemen pencegahan infeksi pada ibu hamil, nifas dan bayi baru lahirUniversitas Trinita13 Maret 2024 
14Priska PandalekeWebinar kebidanan nasional “revolusi mental pada anak melalui peran keluarga dan bidanUniversitas Trinita13 Maret 2024 
15Sofly Silvy RumondorSeminar kebidanan “manajemen pencegahan infeksi pada ibu hamil, nifas dan bayi baru lahirUniversitas Trinita13 Maret 2024 
16Stella Deasy MamarimbingSeminar kebidanan “manajemen pencegahan infeksi pada ibu hamil, nifas dan bayi baru lahirUniversitas Trinita13 Maret 2024 
17Suriati PianggolungSeminar  “Etos  kerja  bidan menuju pelayanan antenatal”Universitas Trinita13 Maret 2024 
18Yetty MokosandibSeminar kebidanan nasional online “pelayanan kesehatan reproduksi bersinergi sebagai upaya pencegahan infeksi menular seksual”Universitas Trinita13 Maret 2024 
19Yolanda Lea SumualSeminar kebidanan nasional online “pelayanan kesehatan reproduksi bersinergi sebagai upaya pencegahan infeksi menular seksual”Universitas Trinita13 Maret 2024 
20Rinna Merlin SoronganTerapi komplementer untuk mengurangi nyeri disminorheaUniversitas TrinitaFebruari 2024 
21Alex Copernikus AndariaSosialisasi dan pelatihan kewirausahaanUniversitas Trinita13 Maret 2024 
22Mohammad ZulkarnainSosialisasi dan pelatihan kewirausahaanUniversitas Trinita13 Maret 2024 
23Yongker BaaliSeminar  “Etos  kerja  bidan menuju pelayanan prima”Universitas Trinita13 Maret 2024 
 Tambahkan     
Jumlah Centang (√)    (a)=5(b)=18

Tabel 11. Data Dosen Tidak Tetap pada Program Studi

  No.  Nama Dosen Tidak Tetap1)  NIDN2), NIDK3), atau NUP4)Tgl. Lahir (DD- MM- YY)  Jabatan Akadem ik  Gelar AkademikPendidikan Akademik, Profesi Asal PT serta sertifikat kompetensi 5)Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidika n  Mata Ajar yang Diampu  Sks MK yang Diampu
(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9)(10)
1Threesye Sikteubun, M.Kes090606580106-06-1958Asisten ahliS1: SKM S2:M.KesS1: universitas hasanudin S2: universitas hasanudinS1: Ilmu Kesehatan Masyarakat S2: Kesehatan MasyarakatDasar Kespro (1), Komunikasi kesehatan (2), psikologi ibu dan anak (2)3
2Chandra Rembang, ST, M.Dis MgtBelum memiliki09-01-1991Belum memilikiS1: ST S2:M.Dis MgtS1: Universitas sam ratulangi S2: Auckland,New ZealandS1: Teknik informatika S2: Manajemen Bencana AlamBahasa Inggris (2)2
3Dr. Dra. Alfien Pandaleke.,M.SiBelum memiliki Belum Memiliki   Pancasila (2)2
4Demsi R. Sasewa, S.Sos, SE, M.Si090412700104-12-1970Asisten ahliS2: M.SiS2: Universitas sam ratulangi Pendidikan pancasila (2) Kewarganegaraan (2)2
5  Rolef Rumondor.,S.Si., M.Si090508870605-08-1987LektorS1 : S.Si S2 : M.SiS1: Universitas Negeri Manado S2 : Universitas Negeri Manado Biostatistik 
6  Heru A. Tatuh.,S.Farm.,M. Farm    S1 : Universitas Setia Budi S2 : Universitas Sam Ratulangi Farmakologi (2)2
Rinna Merlin Sorongan16041090014/10/1990S1 : S.Kep

S2 : M.Kes
S1 : Stikes Stella Maris Makassar

S2 : Universitas Sam Ratulangi
Anatomi fisiologi (4)

1.        Kepuasan Pengguna

A. Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan

Dalam mengevaluasi kepuasaan pengguna terhadap pelayanan oleh SDM (Dosen dan Tenaga Pendidikan) di Universitas Trinita maka kami melakukan survey dengan menggunakan kuesioner yang dapat diakses melalui website kami. Sesuai dengan tugas utama dosen sebagai pendidikan dan pengajar, maka yang menjadi sasaran evaluasi kinerja dosen meliputi:
1. Persiapan atau perencanaan pembelajaran yang dilakukan dosen, seperti: penyusunan dan pengembangan SAP, Silabus, Handout Perkuliahan
2. Pelaksanaan pembelajaran, antara lain kemampuan dalam penyampaian materi pelajaran, penguasaan materi, penggunaan alat bantu pendidikan, manajemen kelas, pemberian tugas-tugas perkuliahan, penggunaan metode pembelajaranEvaluasi hasil belajar meliputi: antara lain penetapan alat atau jenis evaluasi yang digunakan, kesesuaian penggunaan jenis evaluasi dengan tujuan pembelajaran, relevansi antara soal dengan materi perkuliahan yang
3. Kemampuan dosen dalam menjalin atau berinteraksi dengan mahasiswa/i, memotivasi mahasiswa/i, dan membantu yang mengalami masalah dalam belajar.

Aspek-aspek yang menjadi ukuran dalam mengevaluasi kinerja dosen tersebut, meliputi:
1. Kualitas hasil kerja (quality of work)
2. Kemampuan (capability),
3. Prakarsa (initiative)
4. Komunikasi (communication),
5. Ketepatan waktu (promtness).

Dengan adanya ketetapan siapa yang akan melakukan evaluasi diharapkan pelaksanaan evaluasi akan berjalan secara baik dan berkelanjutan. Ada beberapa kemungkinan tentang siapa yang dapat melakukan evaluasi kinerja dosen:
1. Evaluasi oleh pimpinan/Rektor atau Warek bagian Akademik
2. Evaluasi oleh mahasiswa
3. Evaluasi diri

Ditinjau dari segi pelaksanaan, Evaluasi dilakukan secara terus-menerus, yaitu evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa dan Rektor atau oleh tim yang ditunjuk. Dilakukan setiap akhir semester.

Selain SDM (Dosen) ada juga tenaga kependidikan yang menjadi salah satu faktor penunjang suatu perguruan tinggi. Salah satu tugas dan tanggungjawab Tenaga Kependidikan adalah menunjang penyelenggaraan tenaga pendidikan suatu perguruan tinggi. Sebagai salah satu unsure pendukung dalam kegiatan tenaga pendidikan, tenaga kependidikan juga mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan perguruan tinggi. Indikator kinerja yang dinilai kepada tenaga kependidikan yaitu kualitas, integritas serta komunikasi dalam pelayanan.

B. Ketersediaan bukti yang sahih tentang hasil pengukuran kepuasan pengguna yang dilaksanakan secara konsisten, dan ditindak lanjuti secara berkala dan tersistem.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, telah dilakukan survey kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja dosen yaitu, dari 33 pertanyaan yang diukur mengunakan skala 1-4 dimana 4 (baik sekali), 3 (baik), 2 (cukup) dan 1 (kurang). Hasil pengukuran mendapatkan ada 49% mengatakan Baiksekali, 47% mengatakan Baik, dan masih ada 4% yang mengatakan cukup.

Survey kepuasaan mahasiswa terhadap kinerja tenaga kependidikan 9 pertanyaan mengunakan skala 1-4 dimana 4 (sangat baik), 3 (baik), 2 (cukup) dan 1 (kurang). Hasil pengukur didapatkan 79% mengatakan sangat baik, 19% mengatakan baik dan masih ada 2% yang mengatakan Cukup.

Tinjauan Manajemen

Penetapan: dalam pemenuhan SNPT, maka Rektor Universitas Trinita merekomendasikan kepada bagian UPM untuk menetapkan standard mutu dan sasaran mutu internal terkait pengelolaan SDM.
Pelaksanaan: Bagian kepegawaian Universitas Trinita, menggunakan SOP-SOP dan formulir yang berkaitan dengan kepegawaian baik dosen dan tenaga kependidikan yang telah ditetapkan berdasarkan standard secara konsisten berdasarkan kegunaannya. Konsistensi semua pelaksanaan kegiatan yang terkait aktivitas SDM dibawah monitoring Warek I bagian Akademik dan bekerja sama dengan ketua UPM.
Evaluasi: Dari hasil evaluasi semua telah melaksanakan sesuai dengan standard yang telah ditetapkan baik dari pelaksanaan SOP yang disedikan maupunformulir yang disediakan. Apabila nantinya dalam SOP yang tidak sesuai dengan situasi yang sedang terjadi maka dilakukan tindak lanjut dan perbaikan.
Pengendalian: Melakukan perbaikan-perbaikan terhadap standard dengan merevisi standard maupun SOP yang tidak sesuai dengan situasi yang sedang terjadi

Peningkatan : Upaya peningkatan Universitas Trinita yaitu Meningkatkan target kineja utama yang sudah tercapai pada tahun 2024 sesuai dengan standard SDM.

Kesimpulan hasil evaluasi ketercapaian standar perguruan tinggi terkait SDM Pemosisian: PencapaianStandard SDM (dosen) yang terdiri dari 3 (tiga) standard utama dan 15 (lima belas) standard turunan belum tercapai secara keseluruhan dengan presentase keberhasilan 78%. Sedangkan untuk standard tenaga kependidikan yang tediri dari 1 (satu) standar besar dan 4 (empat) standard turunan, sudah sebagian tercapai dengan presentase keberhasilan 75%.

Akar Masalah : Masih kurangnya dosen memiliki sertifkat pendidik, 1 tenaga dosen yang memiliki jabatan lektor kepala, dan 1 dosen yang berkualifikasi S3, namun mengacu pada Renstra Universitas Trinita khususnya prodi kebidanan target tahun 2034 ada 1 (satu) dosen dengan kualifikasi S3, dan Jabatan  lektor 2 (dua).

Rencana Perbaikan: berdasarkan akar masalah maka Universitas Trinita memberikan kesempatan untuk dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatakan kualifikasinya masing-masing, serta melihat Minat dosen   untuk melakukan studi lanjut dan memotivasi untuk segera dalam pengurusan kenaikan jabatan fungsional akademik, sehingga nantinya kondisi ini juga menjadi modal dasar dalam pengembangan Universitas Trinita.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *